Wednesday, September 29, 2010

Grafik Komputer

Grafik Komputer (computer graphics) merupakan salah satu dari ilmu computer yang erat kaitannya dengan penciptaan sebuah animasi atau memanipulasi gambar visual secara digital dapat berupa 2D atau 3D.Animasi sendiri dapat dikatakan sebuah gambar atau benda yang mati menjadi bergerak atau kelihatan lebih hidup.Animasi 2D (2 Dimensi) bisa kita jumpai pada film kartun atau suatu gambar yang dibuat kelihatan lucu sedangkan sebuah titik atau garis bisa juga disebut gambar 2D.Pada animasi 3D (3 Dimensi) merupakan perkembangan dari 2D yaitu sebuah gambar yang lebih kompleks dibuat lebih mendekati dengan kenyataan aslinya sedangkan gambar sebuah bidang disebut gambar 3D.


Sebelum kita mendalami grafik computer ini terlebih dahulu disarankan mengetahui dasar –dasar dari matematika seperti :

1.Geometri
2.Vektor dan
3.Trigonometri

Karena antara grafik computer dengan matematika saling mempunyai keterkaitannya.

Bagian-bagian yang termasuk dari ilmu grafik komputer yaitu :

1.Geometri : ilmu yang mempelajari tentang pembuatan suatu bidang berupa 2D atau
3D
2.Animasi : ilmu yang mempelajari tentang pembuatan suatu karakter disertai
suatu gerakan
3.Rendering : ilmu yang mempelajari sebuah algoritma untuk menampilkan suatu efek
cahaya
4.Citra : ilmu yang mempelajari tentang pengambilan sebuah gambar

Seiring dengan perkembangan jaman serta diiringi kemajuan teknologi yang begitu pesat grafik computer ini dapat digunakan untuk pembuatan suatu film animasi.Biasanya dalam proses pembuatan film tersebut menggunakan software (perangkat lunak) berupa Art of Illusion, Maya, Blender, dan lain-lain.Di dalam software tersebut kita dapat memvisualisasikan objek dari dunia nyata menjadi objek grafis hanya melalui sentuhan menggunakan computer tanpa proses yang manual lagi.

Prinsip dasar dalam membuat animasi karakter

Seorang yang ingin menjadi animator handal harus mempunyai prinsip-prinsip dasar seperti yang dikemukakan oleh Frank Thomas & Ollie Johnston dalam bukunya, Illusion Of Life, tahun 1981.Kemudian John Lasseter (dikenal sebagai sutradara film Toys Story) menambahkan 2 prinsip lagi sehingga keseluruhannya menjadi 12 prinsip dalam makalahnya di SIGGRAPH 1987, yang berjudul ”Principles Of Traditonal Animation Applied To 3D Computer Animation”.
12 Prinsip dasar tersebut meliputi :

1.Pose dan gerakan antara (Pose-To-Pose Action and Inbetween)
2.Pengaturan waktu (Timing)
3.Gerakan sekunder (Secondary Action)
4.Akselerasi gerak (Ease In and Out)
5.Antisipasi (Anticipation)
6.Gerakan penutup dan perbedaan waktu gerak (Follow Through and Overlapping Action)
7.Gerakan melengkung (Arcs)
8.Dramatisasi gerakan (Exaggeration)
9.Elastisitas (Squash and Stretch)
10.Penempatan di bidang gambar (Staging)
11.Daya tarik karakter (Appeal)
12.Penjiwaan peran (Personality)

Faktor-faktor pendukung lainnya agar bisa menjadi seorang animator yang handal kita juga harus memperhatikan sebuah teknik animasi yang ingin dibuat, kemampuan pada bidang acting dan sinematography, dan tentu saja pemahaman mengenai proses pembuatan film itu sendiri, mampu memahami mengenai proses penceritaan yang baik sesuai alur, yang dapat menarik perhatian penonton dan bisa menyampaikan sebuah pesan dan kesan kepada penonton yang menyaksikan bisa mengeluarkan ekspresi tertawa, sedih maupun gembira sehingga kelihatan lebih menarik.