Wednesday, March 28, 2012

Pembuatan Peta dengan Quantum GIS dan Koneksi Database Postgre

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh pembuatan sebuah peta dengan menggunakan aplikasi Quantum GIS dan dikoneksikan melalui database pgAdminIII.

1. Buka aplikasi Postgre (PgAdmin) kemudian connect di postgre tersebut dengan cara pilih+klik kanan atau klik dua kali pada PostgreSQL Database Server 8.2 (localhost:5432) pada bagian kotak yang ada disebelah kiri (Connect -> Masukkan Password). Password dimasukkan sesuai dengan menginstall pertama kali Postgre ini.



2. Buka Aplikasi Quantum GIS kemudian pada Menu Bar pilih Layer -> New Vector Layer Lalu Pada pilihan type pilih Polygon(Point digunakan untuk menunjukkan letak suatu titik tempat itu berada,Polygon u/ membuat suatu daerah.Masukkan nama attribute yang diinginkan (bisa Nama Daerah,dll) type data String (Integer u/ bilangan bulat dipakai untuk harga dll, real u/ angka pecahan atau decimal dipakai untuk penjumlahan, string u/ karakter) Disini saya membuat nama-nama attributenya yaitu : Tempat, Penduduk ,Luas.

Tempat (txt) : Jakarta
Penduduk (txt) : 300.000
Luas (txt) : 2000.000

Setelah selesai pilih icon dengan nama Add values manually.Setelah itu pilih OK.
Maka akan muncul windows baru untuk menyimpan yang telah kita buat tadi dengan nama attribute yang telah dibuat (saya namakan database dengan Coba ah). Setelah kita save usahakan kita ingat tempat dimana file .shp tersebut disimpan yang nanti akan menyambung ke langkah nomor 8.Jika kita menginginkan dengan beberapa jumlah dari attribute lebih dari satu ( field ) kita bisa membuatnya lagi dengan cara yang sama yaitu masukkan nama attribute yang baru sesuai yang diinginkan dengan type String.Setelah selesai pilih icon dengan nama Add values manually .

3. Buat petanya di Quantum GIS dengan cara pilih icon Toggle editing (icon pensil) -> selanjutnya pilih icon Capture Polygon setelah selesai membuat peta yang diinginkan klik kanan (kali ini saya memakai peta Jakarta yang telah saya dapatkan :)) Hasil yang telah dibuat tadi akan menjadi satu layer dan untuk membuat suatu daerah yang berikutnya dengan warna yang berbeda atau otomatis akan berada di layer yang berbeda pula.Untuk membuatnya lakukan langkah yang sama dengan cara langkah nomor 2.Untuk melihat field dari table attribute yang dibuat hanya tinggal pilih layer yang telah dibuat tadi (Daerah) klik kanan -> Open Attribute Table .



4. Setelah selesai membuat peta matikan icon Toggle editing dengan cara pilih icon Toggle editing pada Quantum GIS dan selanjutnya akan muncul windows baru pilih save.

5. Buka aplikasi postgree kemudian klik (+)PostgreSQL Database Server 8.2 (localhost:5432)pada bagian kotak yang ada disebelah kiri.Klik kanan Databases (2) pilih New Databases lalu akan muncul windows baru isikan sebagai berikut :

Name : Test
OID : -
Owner : postgres
Encoding: SQL_ASCII
Template: template_postgis
Tablespace: pg_default
Schema restriction: -
Comment : -
Pilih OK.



6. Connect terlebih dahulu pada Postgres/pgAdminIII dengan cara klik (+)PostgreSQL Database Server 8.2 (localhost:5432)pada bagian kotak yang ada disebelah kiri kemudian pilih atau klik Test (sampai tidak muncul lagi tanda silang merah yang artinya database Test tersebut sudah aktif).

7. Buka Aplikasi QuantumGIS pilih icon seperti bentuk gajah (Import shapefiles to Postgre SQL) lalu buat database baru dengan cara klik Button New lalu akan muncul windows baru create a new PostGis conecction lalu isi table sebagai berikut :

Name : Bebas (untuk nama database yang akan dipakai)
Host : localhost
Database : Test (harus sama dengan nama database yang tadi
dibuat di postgre)
Port : 5432
Username : postgres
Password : ********* (harus sama dengan masukkan password di awal)
Jika sudah tekan Test Connect



8. Jika Berhasil akan muncul windows baru connection database successful lalu pilih OK kemudian pilih button Connect dan diminta lagi untuk memasukkan password (harus sama dengan masukkan password di awal) dan tekan OK.

9. Jika sudah Pilih Add kemudian open nama file .shp yang telah dibuat tadi satu persatu yaitu Coba ah.Jika selesai tekan OK.



10. Untuk melihat hasilnya yang telah dibuat tadi , buka aplikasi postgre kemudian buka Database -> Test -> Schemas -> public -> Tables.

11. Untuk mengecek database dari postgre ke quantum gis caranya yaitu hapus salah satu database (coba ah) kemudian pilih icon (Gentong) atau Add A PostGIS Layer Lalu pilih Connect kemudian masukkan kembali password dan pilih salah satu layer yang tadi dibuat kemudian pilih Add.

Demikian penjelasan singkat mengenai pembuatan sebuah peta yang dikoneksikan melalui pgAdmin III. Semoga tulisan ini bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan rekan-rekan sekalian.

3 comments:

  1. mantabs artikelnya semoga tetap bermanfaat yah Blog UMY Community jangan lupa nih yeNugie Nugrohokarena dengan begitu bhp umyane dapat titip link ininugie nugrohodan memuaskan untuk Simple a Blog for Sharing a Information sesama sehingga coretan diankp anda tak cukup ragu lagi Try And Do It dengan kata kata galau nihterbarusehingga kita dapat tahu Quick Newsdari segala sesuatunyaSATU AKSARA jangan lupa like yah Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    ReplyDelete
  2. gan aq dah buat peta dan sudah mnjasdi gis
    kira" klo program tsb bisa di ltakan di websit yg kita bwt gmna caranya..
    mohon bntuan nny gan..
    trims blas ke emailku
    sug_gay@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. terima kasih gann sangat mambantu informasi dari artikel nya tentang pembuatan peta dengan quantum gis

    Kunjungi Blog saya ya : https://hendiblog.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Dan juga website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/


    ReplyDelete