Monday, October 10, 2011

Corporate Social Responsibility

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Salah satu perusahaan yang melakukan tanggung jawab sosial yaitu PT.Unilever Indonesia.

Hal – hal yang dilakukan seperti berikut ini :

1.Membangun Sinergi Kesuksesan bagi Masyarakat
PT. Unilever Indonesia bermitra dengan berbagai jenis distributor independen untuk meningkatkan semangat kewirausahaan, menciptakan lapangan kerja, serta memberikan keuntungan bagi usaha-usaha lokal.
Memaksimalkan Potensi para Pemasok
Mendorong para pemasok menerapkan standar tertinggi dalam berbisnis dimana dituntut memberikan kualitas barang pada level tertentu, pengiriman dalam jumlah dan waktu tepat, menawarkan harga kompetitif, fleksibel dan menjaga kepercayaan.

Menciptakan Kesempatan bagi Pengembangan Ekonomi Lokal
Dalam melayani para pelanggan, kami membutuhkan network distribusi yang besar dan efisien untuk produk kami. Untuk menjaga dan memperkuat kelangsungan distribusi produk, kami memilih untuk membina kerjasama yang harmonis dengan berbagai mitra distributor yang independen. Kemitraan ini sangat unik, termasuk pengembangan kewirausahaan, lapangan kerja dan bisnis bagi para pemilik usaha lokal. Melalui sistem distribusi yang kuat, kami memasok sekitar 550.000 outlet toko dan warung melalui lebih dari 350 distributor yang handal dan terpercaya. Kami menyalurkan, menyimpan, serta menjual produk-produk dengan kualitas terbaik kepada setiap outlet dari 17 kantor depo penjualan dan dua gudang pusat kami, dimana secara terus menerus dilakukan pemantauan dan dukungan kepada setiap distributor. Dengan sistem yang besar ini, kami menciptakan kesempatan kerja bagi sekitar 25.000 orang.

2.Memenuhi Panggilan Masyarakat (Kontribusi Sukarela)
Salah satu hal yang dilakukan oleh PT.Unilever Indonesia di bawah Yayasan Unilever Indonesia Peduli adalah pengembangan para petani kedelai hitam sebagai mitra usaha Unilever. Kami mendorong para karyawan untuk ikut berbagai hati, pikiran dan pengalaman melalui kegiatan bakti sosial sukarela bagi yang membutuhkan, seperti yatimpiatu, anak jalanan, penduduk (miskin) pedesaan, pengungsi dan lainnya.
Mutiara Hitam Pulau Jawa dan Permata Lainnya.
Pada daerah pedesaan Jawa, kami mengajak kelompok tani kedelai hitam menjadi pemasok pabrik Kecap Bango. Kami mendampingi dan memberikan bibit kedelai hitam terbaik, pengarahan mengenai penanaman, dan pinjaman tanpa bunga. Program UKM lainnya adalah pembudidayaan dan pengolahan ikan air tawar untuk dijadikan bahan baku penyedap rasa Royco. Bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada, inovasi baru sebagai terobosan dikembangkan untuk menciptakan penyedap rasa cair tanpa tambahan MSG (mono sodium glutamat).

Melestarikan Sumber Kehidupan
Kami mendorong masyarakat untuk meningkatkan kondisi lingkungan mereka, dengan membangun fasilitas sanitasi, membagikan tempat sampah, serta mengolah sampah menjadi kompos melalui pemilahan sampah organik dan non-organik. Kami juga menyumbangkan composter communal skala kelurahan dan berkolaborasi dengan stakeholder dalam mengelola fasilitas pengolahan kompos.

Selamatkan Kota-Kota Besar
Pengumpulan sampah melalui kampanye “Surabaya Green & Clean”. Kami melakukan pemilahan sampah yang dapat didaur ulang dari sampah lainnya melibatkan pemulung di Surabaya dan sekitarnya, karena pemilahan sampah merupakan langkah penting dalam pengolahan sampah yang lebih berkesinambungan.

Keceriaan menuju Sadar Kesehatan
Kampanye Program Sekolah Pepsodent. Sekitar 7.000 anak sekolah dasar telah memahami pentingnya kesehatan mulut setelah mengikuti program belajar interaktif. Pepsodent juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gigi dan gusi gratis, dimana sekaligus menanamkan pengertian pada anak-anak mengenai pentingnya mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Sumber :
http://www.unilever.co.id/id/Images/ULI-CSR2004_Indonesia_tcm108-88405.pdf

No comments:

Post a Comment