E-banking adalah salah satu sektor yang paling dramatis terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perbankan. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi Automated Teller Machine,Banking Application System, Real Time Gross Settlement System, Sistem Kliring Elektronik, dan internet banking. Bank Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi Sistem Informasi (TSI) Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan perbankan. Istilah lain yang lebih populer adalah Electronic Banking. Electronic banking mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan” atau front end, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat back end, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan,merchant, atau penyedia jasa transaksi, misalnya electronic check conversion.
Saat ini sebagian besar layanan E-banking terkait langsung dengan rekening bank. Jenis E-Banking yang tidak terkait rekening biasanya berbentuk nilai moneter yang tersimpan dalam basis data atau dalam sebuah kartu (chip dalam smartcard). Dengan semakin berkembangnya teknologi dan kompleksitas transaksi, berbagai jenisE-banking semakin sulit dibedakan karena fungsi dan fiturnya cenderung terintegrasi atau mengalami konvergensi. Sebagai contoh, sebuah kartu plastik mungkin memiliki “magnetic strip”- yang memungkinkan transaksi terkait dengan rekening bank, dan juga memiliki nilai moneter yang tersimpan dalam sebuah chip.Kadang kedua jenis kartu tersebut disebut “debit card” olehmerchant atau vendor.
Bank menyediakan layanan Electronic Banking atau E-Banking untuk memenuhi kebutuhan Anda akan alternative media untuk melakukan transaksi perbankan, selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM.
Dengan Electronic Banking, kita tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun dengan midah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon. Contohnya adalah transfer dana antar rekening maupun antar bank, pembayaran tagigan, pembelian pulsa isi ulang, ataupun pengecekan mutasi dan saldo rekening. Cara Mendapatkan E-Banking bagi yang telah memiliki rekening Tabungan atau Giro dapat mengajukan layanan E-Banking, yang meliputi internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking.
INTERNET BANKING
Internet Banking pada dasarnya merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu Internet dan Banking (bank). Interconnected Network (Internet) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung dengan ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan dengan menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Internet merupakan informasi yang menghubungkan satu pengguna dengan pengguna lainnya dalam suatu jaringan informasi yang lebih luas lagi yang sering disebut sebagai cyberspace. Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan (network) komputer yang terdiri dari ribuan jaringan komputer independen yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer ini dapat terdiri dari lembaga pendidikan, pemerintahan, militer, organisasi, bisnis dan organisasi lainnya. Internet sebagai wujud, konvergensi telematika (perpaduan teknologi komputer, media, dan teknologi informasi) telah menghasilkan kemudahan dalam mengatasi permasalahan geografis, sehingga berbagai aktifitas manusia tidak terhalang dengan jarak, ruang, dan waktu. Saat ini internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan pemakai lebih dari 100 juta orang.Dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank. Jenis Transaksi : Transfer dana, Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar, Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik), Pembelian (misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham)
MOBILE BANKING
Layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service). Jenis Transaksi: Transfer dana, Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar, Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi), Pembelian (pulsa isi ulang, saham). Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain dan setiap melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.
Kejahatan dalam Electronic Banking
Lubang keamanan (security hole) akan selalu ada. Hal ini bisa diamati dari situs web yang melaporkan adanya lubang keamanan setiap hari. Namun bisnis tidak dapat berhenti karena adanya potensi lubang keamanan. Seperti halnya sebuah rumah, dia akan tetap memiliki pintu dan jendela meskipun pintu dan jendela ini dapat digunakan oleh pencuri. Untuk sekedar transaksi yang bersifat informatif (tidak ada pengurangan saldo) maka cukup menggunkan password untuk masuk. Tetapi untuk transaksi yang sifatnya memindahkan/mengurangi saldo nasabah diminta untuk memasukan pin yang dihasilkan oleh suatu alat kecil sperti kalkulator yang biasa disebut token atau pin. Alat ini akan mengeluarkan deretan angka (biasanya 6 digit) yang hanya identik dengan rekening nasabah tersebut. Jadi token lain tidak mungkin bisa digunakan pada rekening. Yang dapat dilakukan adalah meningkatkan tingkat kesulitan untuk masuk dengan menggunakan pengamanan-pengamanan, seperti menggunakan kunci (dalam kasus rumah), firewal & IDS (dalam kasus server Internet). Cyber crime yang merupakan kejahatan di dunia maya sangat memungkinkan data nasabah di sadap pada saat melakukan transaksi e-banking.
Adapun layanan yang menggunakan fasilitas E-banking seperti Bank BNI melalui layanan transaksi perbankan jaringan internet selama 24 jam 7 hari seminggu, bagi Anda Nasabah BNI yang menginginkan kemudahan bertransaksi perbankan melalui jaringan internet kapanpun dan dimanapun Anda berada.
Cara mudah menjadi Pengguna BNI Internet Banking :
1.Lakukan Registrasi menggunakan BNI Card*) Anda di BNI ATM melalui menu ”Registrasi E-Channel”, dan buat 6 angka PIN Registrasi BNI Internet Banking.
2.Lakukan Aktivasi BNI Internet Banking, dengan cara :
•Akses Layanan BNI Internet Banking Personal melalui situs resminya www.bni.co.id
•Untuk pengguna baru, ikuti panduan ”Jika Anda sudah registrasi BNI Internet Banking via BNI ATM, silakan klik di SINI untuk aktivasi”
•Masukkan 16 angka nomor BNI Card*) dan PIN Registrasi BNI Internet Banking Anda
•Bacalah dengan teliti Syarat & Ketentuan BNI Internet Banking, dan beriTickmark pada kotak tanda persetujuan
•Buatlah User ID dan Password Anda sesuai dengan ketentuan format.
3.Gunakan User ID dan Password Anda untuk login pada Layanan BNI Internet Banking dan langsung dapat melakukan transaksi non finansial seperti informasi saldo dan mutasi rekening.
4.Untuk bisa melakukan transfer dana, membayar tagihan dan transaksi finansial lainnya, Anda harus memiliki BNI eSecure yaitu alat pengaman tambahan (token) untuk menghasilkan kombinasi angka yang selalu berubah (dynamic PIN)
*)Termasuk Kartu Mahasiswa, Kartu Pegawai/Anggota & BNI Syariah Card
Cara memperoleh BNI eSecure :
1.Pada layar aplikasi BNI Internet Banking, pilih menu ”Administrasi” → ”Registrasi BNI eSecure” (cetak/catat Nomor Referensi Pemesanan BNI eSecure)
2.Pilih area dan Kantor Cabang BNI (sesuai pilihan di layar) untuk mengambil BNI eSecure Anda.
3.Setelah 10 hari kerja, BNI e-Secure dapat Anda ambil di Cabang BNI yang Anda pilih, dengan membawa Buku Tabungan,BNI Card, Kartu Identitas yang masih berlaku dan Nomor Referensi Pemesanan BNI eSecure.
4.Lakukan aktivasi BNI eSecure Anda melalui Layanan BNI Internet Banking, sesuai petunjuk pada layar Layanan.
Jenis Transaksi di BNI Internet Banking
Transaksi Non Finansial
•Informasi saldo
•Informasi mutasi rekening
Transaksi Finansial
• Transfer Dana antar Rekening BNI
• Transfer Dana ke Bank lain (Kliring dan RTGS) **
Pembayaran Tagihan
• Kartu Kredit (BNI, Standard Chartered, HSBC, GE Finance, ANZ, Bank Niaga, ABN AMRO, Bank Permata, Danamon, Citibank, Bukopin, Amex)
• Telkom (Telepon,Flexi Classy, Speedy) seluruh kode area di Indonesia
• Kartu Halo Telkomsel
• Kartu Xplor Excelcomindo
• Matrix dan StarOne Indosat
• Listrik PLN (Distribusi Kaltim, Sumbar, Jateng & DIY, Batam, Sulut, Sulteng & Gorontalo dan Kalbar - akan segera diimplementasikan. Jawa Barat dan Banten (dapat menggunakan layanan ATM)
• IM2-IPay
• First Media
Pembelian Voucher Prabayar
• Telkomsel (Simpati & As)
• Indosat (Mentari, IM3 & StarOne)
• XL (bebas & jempol)
• ESIA
• FREN
• Telkom Flexi
• 3.
Pembelian Tiket Airline
• Garuda
• Lion Air
• Mandala
• Air Asia
Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)
• ITB, Trisakti, Unpad, UNS, Unibraw, USU, Unsri, UNJ, UPN Jogya, UKDW, Unib, UNY, UPI, UM, Unsoed, ITN, Unimed, Unnes, UIN Sunan Kalijaga, Poltek Sriwijaya, Poltekes, Poltek Malang, dan lain-lain.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/E-banking
http://www.bni.co.id/eBanking/BNIInternetBanking/tabid/251/Default.aspx
No comments:
Post a Comment